FLOWCHART
Pengertian Flowchart ~ Kali ini saya akan membahas tentang Pengertian Flowchart. Sebuah program akan sangat membutuhkan yang namanya flowchart, flowchart sangat bermanfaat untuk seseorang yang ingin membangun sebuah sistem atau membuat aplikasi. Untuk yang belum mengetahui flowchart, mohon disimak baik baik untuk pembahasan ini.
Flowchart adalah Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Flowchart merupakan cara penyajian dari suatu algoritma.
Symbol flowchart

Tujuan membuat Flowchat :
Menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah Secara minimalis, terurai, rapi dan tentu memakai simbol-simbol standar Dalam penulisan Flowchart diketahui dua model, yaitu Sistem Flowchart beserta Program Flowchart :
System Flowchart
Yaitu bagan yang memperlihatkan urutan prosedure bersama proses dari beberapa file di dalam media tertentu. Melalui flowchart ini terlihat type media penyimpanan yang dipakai dalam pengolahan data. Selain itu juga menggambarkan file yang dipakai sebagai input bersama output. Tidak digunakan buat menggambarkan urutan langkah untuk memecahkan masalah namun hanya untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk.
Program Flowchart
Yaitu bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan proses dalam suatu program. Dua model metode penggambaran program flowchart :
Conceptual flowchart, menggambarkan alur pemecahan masalah secara global.
Terperinci flowchart, menggambarkan alur pemecahan masalah secara rinci.
Simbol Flowchart
Simbol-simbol yang di pakai dalam flowchart dibagi menjadi 3 kelompok :
Flow direction symbols
Digunakan untuk menghubungkan simbol satu dengan yang lain – Disebut pula connecting line
Processing symbols
Menunjukan jenis operasi pengolahan dalam suatu proses / mekanisme
Input / Output symbols
Menunjukkan model peralatan yang digunakan selaku media input atau output.
Sekarang sudah tau kan Pengertian dari Flowchart? Tujuan untuk membuat flowchart? Sistem Flowchart seperti apa? Program Flowchart? dan Simbol simbol yang ada di flowchart? Jika anda sudah mengetahuinya maka telah sampailah dipenghujung pembahasan ini.
BAHASA PEMROGRAMAN
v Mengenal Bahasa
Pemrograman
Bahasa pemrograman adalah suatu kumpulan kata (perintah)
yang siap digunakan untuk menulis suatu kode program sehingga kode-kode program
yang kita tulis tersebut akan dapat dikenali oleh kompilator yang sesuai.
Kata-kata tersebut dalam bahasa pemrograman disebut dengan keyword (reserve
word). Untuk mempelajari bahasa pemrograman tertentu kita tidak harus menghafal
semua keyword (kata kunci) yang ada di dalamnya, namun yang perlu kita ketahui
adalah fungsi dan aturan penggunaannya.
Contoh
dari beberapa keyword misalnya : int, main, for, while, do while, dsb.
Pada
pembelajaran ini kita akan menggunakan salah satu bahasa pemrograman tingkat
tinggi yaitu C / C++.
v Penerjemah Bahasa Pemrograman
Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman seperti C dan
C++ sebenarnya tidak dimengerti oleh computer secara langsung. Sebab computer
hanya mengenali kode 0 dan 1 (binary digit ). Supaya program dapat dijalankan
oleh computer, program tersebut harus diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam bahasa
mesin (atau biasa disebut kode objek). Proses penerjemahannya dilakukan oleh
program yang disebut Translator (penerjemah).
Translator
dapat berupa :
·
Interpreter
Interpreter menerjemahkan instruksi selama program diminta
untuk dieksekusi. Jika seseorang bermaksud menjalankan program tersebut (agar
dapat dijalankan oleh computer, mula-mula kode sumber (source code atau program
asli yang diitulis olem pemrogram) ditermahkan dulu ke dalam bentuk kode mesin
baris perbaris instruksi. Setelah satu baris instruksi tersebut difahami oleh
computer, instruksi tersebut dijalankan. Interpreter kemudian kembali memproses
baris instruksi berikutnya.
·
Kompiler
Kompiler menerjemahkan instruksi ke dalam kode objek secara
keseluruhan (untuk semua instruksi). Setelah semua instruksi diterjemahkan,
instruksi yang dimengerti oleh computer dijalankan. Proses penerjemahan seperti
itu disebut kompilasi. Setelah kompilasi berakhir, compiler tidak diperlukan
lagi, sebab sesudah kompilasi akan terbentuk program yang dapat dijalankan
secara langsung tanpa melalui translator ( executable ).
v Kerangka Program dalam Bahasa C / C++
Setiap program yang ditulis dengan menggunakan bahasa C
harus mempunyai fungsi utama, fungsi tersebut bernama main(). Fungsi
inilah yang akan dipanggil pertama kali pada saat eksekusi program. Apabila ada
fungsi lain yang dibuat, maka fungsi tersebut akan dijankan ketika dipanggil di
fungsi utama. Hal ini karena bahasa C/C++ merupakan bahasa procedural yang
menerapkan konsep runtutan (program dieksekusi baris-perbaris dari atas ke
bawah secara berurutan).
Ada
dua bentuk kerangka fungsi utama yang sering digunakan :
- Bentuk dengan tanpa pengembalian nilai ke system operasi (dengan menuliskan Void sebelum fungsi utama )
Contoh
:
void
main(void)
{
Kode program yang akan ditulis;
}
Kata kunci void dalam kurung bersifat
opsional, artinya bias dituliskan atau juga tidak.
- Bentuk dengan pengembalian nilai 0 ke system operasi (dengan menuliskan tipe data sebelum fungsi utama )
Contoh
:
int
main(void)
{
Kode program yang akan ditulis;
return 0;
}
Kata kunci void dalam kurung bersifat opsional, artinya bias
dituliskan atau juga tidak.
Fungsi return 0 pada konsep di atas adalah fungsi
main() ini dapat mengembalikan nilai 0 ke system operasi yang menandakan bahwa
program tersebut berjalan dengan baik tanpa adanya kesalahan.
v Mengenal File Header ( *.h )Program dalam Bahasa C / C++
File header adalah file dengan eksetensi h ( *.h )
yaitu file bantuan yang digunakan untuk menyimpan daftar-daftar fungsi yang
akan digunakan di dalam program.
File header di dalam C/C++ misalnya adalah <stdio.h>
atau <iostream.h> untuk proses masukan dan keluaran (input/output). Tidak
hanya dua file header tersebut karena masih banyak file header yang disediakan
oleh C/C++ untuk menangani kerword-keyword yang lain.
Di bawah ini akan digambarkan bagaimana cara penulisan file
header dengan mengacu pada konsep kerangka yang sudah dijelaskan di atas :
Contoh
1 : Penggunaan input/output dengan
bahasa C
#include
<stdio.h>
int
main()
{
printf(“Selamat Belajar Algortima dan Pemrograman \n”);
return
0;
}
Contoh
2 : Penggunaan input/output dengan
bahasa C
#include
<stdio.h>
void
main()
{
printf(“Selamat Belajar Algortima dan Pemrograman \n”);
}
Contoh
3 : Penggunaan input/output dengan
bahasa C++
#include
<iostream.h>
int
main()
{
cout<<“Selamat Belajar Algortima dan Pemrograman \n”;
return
0;
}
Contoh
4 : Penggunaan input/output dengan
bahasa C++
#include
<iostream.h>
void
main()
{
cout<<“Selamat Belajar Algortima dan Pemrograman \n”;
}
v Mengenal Fungsi printf() dan scanf() dalam Bahasa C
Dalam pembuatan sebuah program computer, kita tidak akan
lepas dari proses masukan (input) dan keluaran (output). Dalam bahasa C
perintah tersebut dikenal dengan penulisan scanf() sebagai inputan dan printf()
sebagai keluaran. Untuk file header yang diperlukan adalah stdio.h.
Contoh
1 : Memasukkan sebuah nilai bertipe
integer
#include
<stdio.h>
int
main()
{
int x;
printf(“Masukkan sebuah nilai bilangan bulat = ”);
scanf(“%d”,
&x);
printf(“Nilai yang anda masukkan adalah = %d”, x );
return
0;
}
Ada kode program yang
di dalamnya terdapat tanda %d, maksudnya adalah masukan tersebut membaca nilai
bertipe int (format bilangan bulat) dari keyboard dan menyimpan nilai tersebut
ke dalam alamat di dalam memori yang ditempati oleh variable x.
Ada
beberapa format yang lain untuk menentukan format yang dapat dipakai pada scanf().
Karakter
|
Tipe
Argumen
|
Keterangan
|
%d,
%i
|
int
|
Untuk membaca tipe bilangan bulat
dalam bentuk decimal (basis 10)
|
%o
|
int
|
Untuk membaca tipe bilangan bulat
dalam bentuk octal (basis 8) tanpa diawali angka 0
|
%u
|
int
|
Untuk membaca bilangan bulat tanda
tanda (unsigned)
|
%c
|
char
|
Untuk membaca karakter
|
%s
|
char*
|
Untuk membaca string (kumpulan
karakter)
|
%f
|
float
|
Untuk membaca bilangan real dengan
tipe float
|
%lf
|
float
|
Untuk membaca bilangan real dengan
tipe double
|
%ld
|
float
|
Untuk membaca bilangan real dengan
tipe long int.
|
%e
|
double
|
Untuk membaca bilangan real dengan
bentuk eksponen
|
Ada
beberapa format yang lain untuk menentukan format yang dapat dipakai pada printf().
Karakter
|
Tipe
Argumen
|
Keterangan
|
%d,
%i
|
int
|
Untuk menampilkan tipe bilangan
bulat dalam bentuk decimal (basis 10)
|
%o
|
int
|
Untuk menampilkan tipe bilangan
bulat dalam bentuk octal (basis 8) tanpa diawali angka 0
|
%x,
%X
|
int
|
Untuk menampilkan tipe bilangan
bulat dalam bentuk heksadesimal (basis 16) tanpa diawali dengan tanda 0x atau
0X. Format x digunakan untuk menampilkan hasil dalam huruf kecil dan huruf X
untuk menampilkan dalam huruf besar.
|
%u
|
int
|
Untuk menampilkan bilangan bulat
tanda tanda (unsigned)
|
%c
|
char
|
Menampilkan karakter
|
%s
|
char*
|
Menampilkan string (kumpulan
karakter)
|
%f
|
float
|
Menampilkan bilangan real dengan
tipe float
|
%lf
|
float
|
Menampilkan bilangan real dengan
tipe double
|
%ld
|
float
|
Menampilkan bilangan real dengan
tipe long int.
|
%e
, %E
|
double
|
Menampilkan bilangan real dengan
bentuk eksponen
|
%g
, %G
|
double
|
Menampilkan bilangan real dalam
bentuk seperti %f, atau %E tergantung dari ekspresinya
|
%%
|
Menyatakan symbol %
|
Ada
beberapa tambahan dalam penggunaan bilangan real misalnya :
%.3f mencetak bilangan real
dengan 3 angka di belakang koma
%2.3 mencetak bilangan real dengan
2 angka sebelum koma dan 3 angka sesudah koma.
Selain itu perlu juga diperhatikan sebuah karakter escape
yaitu karakter yang ditulis dengan awalan tanda \ diikuti dengan
karakter tertentu yang memiliki sebuah tingkah laku.
Karakter-karakter
tersebut seperti pada table di bawah ini :
Karakter
|
Keterangan
|
\a
|
Untuk membangkitkan suara atau
speaker (bell)
|
\b
|
Karakter backspace, kursor akan
kembali ke depan sebanyak satu karakter
|
\f
|
Formfeed : untuk meletakkan
formfeed
|
\n
|
Newline : untuk meletakkan baris
baru(ganti baris )
|
\r
|
Carriage return : untuk meletakkan
kursor di awal baris bersangkutan
|
\t
|
Horizontal tab : untuk meletakkan
tab horizontal
|
\v
|
Vertical tab : untuk meletakkan
tab vertical
|
\\
|
Memunculkan karakter \
|
\”
|
Memunculkan karakter “
|
\’
|
Memunculkan karakter ‘
|
\?
|
Memunculkan karakter ?
|
v Mengenal cin>> dan cout<< dalam
Bahasa C++
Sama halnya fungsi scanf() dan printf(). Fungsi cin>>
dan cout<< juga berfungsi sebagai inputan dan keluaran. Yang
berbeda adalah file headernya memakai <iostream.h>.
Contoh
1 : Memasukkan sebuah nilai bertipe
integer
#include
<iostream.h>
int
main()
{
int x;
cout<<
“Masukkan sebuah nilai bilangan bulat
= ”;
cin>>x;
cout<<“Nilai yang anda masukkan adalah =”<< x;
return
0;
}
v Mengenal fungsi aritmatike dengan header math.h
Di
dalam bahasa C juga disediakan fungsi untuk penangan aritmatika. File ini
terdapat di dalam header math.h.
Perhatikan
table di bawah ini :
Fungsi
|
Argumen
|
Keterangan
|
sqrt()
|
double
|
Memberikan nilai balik berupa akar
x. Nilai balik bertipe double.
|
pow(x,y)
|
double
|
Memberikan nilai balik berupa xy.
Nilai balik bertipe double.
|
tan(x)
|
double
|
Memberikan nilai balik berupa
tangent x. Argumen x berupa nilai dalam satuan radian. Nilai balik bertipe
double.
|
sin(x)
|
double
|
Memberikan nilai balik berupa
sinus x. Argumen x berupa nilai dalam satuan radian. Nilai balik bertipe
double.
|
cos(x)
|
double
|
Memberikan nilai balik berupa
cosines x. Argumen x berupa nilai dalam satuan radian. Nilai balik bertipe
double.
|
log(x)
|
double
|
Memberikan nilai balik berupa loge
x. Nilai balik bertipe double.
|
log10(x)
|
double
|
Memberikan nilai balik berupa log10
x. Nilai balik bertipe double.
|
cabs(x)
|
int
|
Memberikan nilai balik berupa
nilai absolute x. Nilai balik bertipe int.
|
fabs(x)
|
double
|
Memberikan nilai balik berupa
nilai absolute x. Nilai balik bertipe double.
|
v Mengenal Komentar
Komentar adalah sebuah teks yang dimasukkan di dalam kode
program, tetapi teks tersebut tidak akan dieksekusi sebagai kode program.
Biasanya komentar digunakan untuk memberikan penjelasan terhadap kode-kode
program yang kita tuliskan, dapat juga berupa kegunaan program, waktu dibuat
dan penulis yang membuat.
Ada
beberapa bentuk format dalam komentar.
·
//isi komentar
Komentar
ini digunakan pada C++
·
/* isi komentar */
Komentar
ini bias digunakan di C / C++
v Fungsi Manipulasi String
Dalam sebuah kasus tertentu kita membutuhkan aktifitas untuk
memanipulasi sebuah string, misalnya ketika kita mau menjumlah string, memotong
string, dan sebagainya.
Untuk
menggunakan fungsi ini kita membutuhkan file header yang bernama string.h.
Ada
beberapa fungsi manipulasi string diantaranya :
·
Menentukan panjang string = strlen(string)
Fungsi
ini digunakan untuk menghitung panjang dari sebuah string.
Contoh
1 :
#include
<iostream.h>
#include
<string.h>
void
main()
{
char *nama =
“Belajar Algoritma dan Pemrograman”;
cout<<strlen(nama);
}
·
Mencari sebuah string = strchr(string,
index)
Fungsi ini digunakan untuk memotong sebuah string
dimulai dari index.
Contoh
1 :
#include
<iostream.h>
#include
<string.h>
void
main()
{
char *nama =
“Belajar Algoritma dan Pemrograman”;
cout<<strchr(nama,’A’);
}
·
Mencari sebuah string = strstr(string,
index)
Fungsi ini digunakan untuk memotong sebuah string
dimulai dari index. Dengan ketentuan bahwa index yang dicari harus
tepat, jika tidak maka hasilnya kosong / null.
Contoh
1 :
#include
<iostream.h>
#include
<string.h>
void
main()
{
char *nama =
“Belajar Algoritma dan Pemrograman”;
cout<<strstr(nama,”ajar”);
}
·
Membuat String menjadi huruf KAPITAL
= strupr (string)
Fungsi ini digunakan membuat string menjadi huruf KAPITAL.
Contoh
1 :
#include
<iostream.h>
#include
<string.h>
void
main()
{
char *nama = “Belajar Algoritma dan Pemrograman”;
cout<<strupr(nama);
}
·
Membuat String menjadi huruf kecil =
strlwr (string)
Fungsi ini digunakan membuat string menjadi huruf kecil.
Contoh
1 :
#include
<iostream.h>
#include
<string.h>
void
main()
{
char *nama =
“Belajar Algoritma dan Pemrograman”;
cout<<strlwr(nama);
}
#Demikian
dari pembahasan saya mengenai Pengertian Flowchart dan Bahasa pemrograman. Semoga bermanfaat
untuk para pengunjung yang mengunjungi. Sekian dan Terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar